Selamat datang di Peri Kudus

Cerita Singkat Tentang Papercraft

Minggu, 15 Juli 20120 komentar


~Let the children play, because it is their world~
(Biarkan anak-anak bermain, karena itu adalah dunianya)

Kalimat di atas bukan hanya sekedar ucapan, tapi merupakan kebutuhan mental, fisik, dan psikologis anak dalam masa perkembangannya. Bermain adalah kebahagiaan tersendiri bagi anak, karena dengan bermain, mereka bisa mengekspresikan perasaannya dan membantu bersosialisasi serta beradaptasi dengan lingkungannya.
Banyak ragam dan jenis permainan yang berkembang dari waktu ke waktu. Mulai dari permainan tradisional hingga permainan berteknologi modern. Tentu saja semua itu memerlukan kontrol dan seleksi dari orang tua agar tidak membahayakan bagi perkembangan anak. Orang tua juga harus pintar menyeleksi permainan yang digunakan oleh anak-anak. Jangan sampai sebuah permainan membawa pengaruh negatif saja pada anak. Maka dari itu, kebanyakan orang tua memilih mainan edukatif untuk anak-anak mereka.
Maka dari itu, kami dari komunitas Peri (Pecinta Seni Kertas) ingin menawarkan cara baru untuk bermain tapi tetap bermanfaat bagi kreatifitas anak, yaitu dengan bermain merangkai dan membuat sebuah papercraft.
Papercraft (ichinogami) adalah pengembangan dari origami (seni melipat kertas dari Jepang) tapi ada perbedaannya dengan origami,yaitu origami adalah seni melipat kertas dengan 1 lembar kertas, sedangkan papercraft tidak hanya dilipat, tapi juga digunting dan ditempel dengan lem. Butuh kesabaran lebih karena papercraft tidak selalu dirakit dari satu lembar kertas, bahkan bisa lebih dari 10 lembar.
Model papercraft dapat dibuat dengan mendownload pola / patternnya secara gratis di : www.paper-replika.com

Model yang ada pun beragam, yaitu pesawat, bangunan, replika tokoh kartun, hewan, bahkan manusia. Adapun penggunaan papercraft juga beragam, mulai dari pajangan, kenang-kenangan, hadiah, souvenir, bahkan bisa dijadikan bahan untuk melatih kreatifitas seseorang.
Dari sekian banyak alternatif mainan yang ditawarkan, papercraft merupakan salah satu sarana belajar yang efektif, karena :
v  UNIK, karena hanya dengan berbekal beberapa lembar kertas, telah membuat sesuatu yang luar biasa. Yang tentu saja mengundang decak kagum orang sekitar kita.
v  MUDAH, hampir setiap orang bisa merangkai sebuah papercraft.
v  LEBIH MURAH, karena papercraft hanya membutuhkan kertas yang sudah diprint polanya, gunting, dan lem yang rata-rata harganya sangat terjangkau.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. PERI KUDUS - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger